All That the Nature Shows Me

This is all about what the nature teaches me, through people, nature itself or consciousness.

Dewa Siwa Menjelma Kompos

 

 Salah satu langkah kecil yang saya lakukan untuk mulai memahami dan mewujudkan mimpi berkebun adalah belajar membuat kompos dari sampah organik rumah tangga. Tanpa bermodalkan pengalaman apa-apa saya coba mengikuti kursus online dan mulai membuat kompos kering dengan double-box. Kompos yang seharusnya bisa jadi dalam 18 hari jadi membutuhkan waktu sebulan lebih karena karena saya tidak tahan melihat belatung, saya hanya mampu mengaduk sesekali saja sehingga prosesnya lebih lama. Seperti halnya kegiatan berkebun lainnya, mengkompos ini memberikan pengajaran dan pengalaman spiritual. Saya tiba-tiba melihat Siwa menjelma pada kompos.

Dulu saya tidak pernah paham, mengapa orang mengagungkan dewa kehancuran. Dewa yang meleburkan. Membuat kekacauan. Pemahaman saya yang dangkal dan tebatas pada saat itu hanya mampu melihat bahwa kekacauan dan kehancuran hanya membuat kesakitan dan penderitaan. ‘Mengapa mengagungkan penderitaan’, saya membatin.

Selama mengkompos, saya melihat sampah organik mulai membusuk, bau dan menjijikan. Hal ini mengundang berbagai makhluk seperti belatung hingga ribuan (atau bahkan jutaan) mikroba untuk menghancurkan, membusukkan lalu mengurai sampah-sampah tersebut menjadi nutrisi penting bagi tanah. Setelah proses kompos selesai, beberapa makhluk inipun ikut mati dan menjadi bagian kompos. Kompos, emas hitam yang sangat bernilai karena menyuburkan sumber kehidupan lainnya. Siwa berproses pada pengomposan.

Menghancurkan, meleburkan, membuat sesuatu nampak kacau untuk mempersiapkan kehidupan lain. Memberikan kesempatan untuk hal baik lain terjadi.

Betapa naifnya jika saya hanya mau menghargai semua hal yang baik dan teratur, tanpa menghormati ketidakbaikan dan ketidakteraturan. Jika ini namanya jatuh cinta, mungkin saya jatuh cinta pada Siwa yang menjelma kompos di pagi ini.

Om Namah Shivaya

Jun, 2021

Posted on my medium: https://asti-ayuningtyas.medium.com/dewa-siwa-menjelma-kompos-1bace6f35992

0 komentar:

About me

Foto Saya
Cie
- writes everything coming to her mind - loves sleeping - wants to own a library - hates routine - loves the pleasure of discovery
Lihat profil lengkapku

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

People Read the Blog

Visitor

hit counter