All That the Nature Shows Me

This is all about what the nature teaches me, through people, nature itself or consciousness.

Pernikahan

"Meet prince, get married and live happily ever after." Terdengar membosankan. Begitu pula pembahasan mengenai kebosanannya, sungguh membosankan! Tetapi tetap saja, saya ingin membahasnya. Saya tertarik dengan pernikahan.


Saat pernikahan dianggap pintu gerbang menuju kehidupan yang lebih bebas. Tanpa aturan orang tua. Atau pernikahan adalah hasil dari keputusan tergesa-gesa saat mengalami euphoria mematikan bernama jatuh cinta. Atau saat pernikahan hanya untuk mendapatkan legalitas berhubungan badan. Atau saat pernikahan adalah alat untuk mengeruk harta pasangan. Atau yang juga menyedihkan, saat orang yang menikah tak benar-benar tahu tujuan dari pernikahan yang akan dijalani. Saat itulah hati saya terenyuh.

Lagi, saya teringat ucapan Mario Teguh bahwa jatuh cinta adalah sebuah kecelakaan yang indah. Yang keindahannya hanya bisa diperpanjang dengan persahabatan. Maka pernikahan bukankah sebaiknya dilandasi rasa persahabatan?

Lalu mengapa perlu menikah hanya untuk menjaga persahabatan? Karena ada komitmen yang diinstitusikan.

Jika pernikahan disempitkan pada komitmen, maka sebenarnya kita menikah tiap saat. Dengan diri kita. Dengan kata-kata kita. Seandainya kita tidak mampu menikah (dalam hal ini) berkomitmen dengan hal-hal sederhana atau dengan kata lain saat kita tak mampu menepati kata-kata kita sendiri, bagaimana kita mampu berkomitmen dengan orang lain?

Jadi, bukankah wajar jika banyak pernikahan terombang-ambing dan berakhir menyedihkan? Kita tak mampu menikahi diri kita sendiri. Kita sering membohongi diri sendiri. Mengkhianati diri sendiri.

Mari mulai mencintai dan menghargai diri kita dan menjalankan pernikahan dengan baik dan bahagia. Dimulai dari pernikahan dengan diri kita sendiri.

(May’11)

0 komentar:

About me

Foto Saya
Cie
- writes everything coming to her mind - loves sleeping - wants to own a library - hates routine - loves the pleasure of discovery
Lihat profil lengkapku

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

People Read the Blog

Visitor

hit counter