All That the Nature Shows Me

This is all about what the nature teaches me, through people, nature itself or consciousness.

Serdadu Kumbang - Film

Film Nia-Ale Sihasale kali ini mengangkat cerita anak di daerah Sumbawa, Amek. Seorang anak introvert yang memiliki mimpi sebagai pembawa berita namun sadar bahwa bibirnya yang sumbing dan kenyataan ia pernah tidak lulus ujian membuatnya menyembunyikan mimpinya. Ia hanya berani menuliskan cita-citanya itu di atas secarik kertas yang dimasukkan kedalam botol lalu digantung di atas pohon cita-cita. Pohon tempat anak-anak desanya menuliskan dan menggantungkan mimpi-mimpi mereka.

Menceritakan bagaimana ketakutan akan kegagalan ujian tahun lalu membuat sekolah di mana Amek belajar menerapkan kedisiplinan yang justru membuat para siswa enggan sekolah.Kisah klasik pendidikan kita, yang terlalu berorientasi pada hasil. Ujian Nasional memang masalah menarik untuk dibahas. Terkesan dilema memang. Jika tidak ada standar nasional, pendidikan kita pun tidak bisa diukur kemajuannya. Namun tolak ukurnya memang sangat mentah. Apakah memang Unjian Nasional ini harus dilalui terlebih dahulu? Kita memang perlu memulai dan setiap permulaan pasti ada korban yang berjatuhan? Semua kembali ke penilaian masing-masing. Keputusan Ujian Nasional tetap dilaksananan atau tidak memang bukan kewenangan kita, apa yang tersisa untuk kita lakukan adalah mengajarkan para siswa untuk menikmati proses pembelajaran sehingga kesiapan adalah buah dari semua kerja keras itu, bukan tujuan utama yang lalu menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya.

Ditambah persoalan keluarga pedalaman yang terbentur masalah kemiskinan serta bumbu lainnya, film ini memberikan cukup banyak detail yang mungkin bertujuan agar Sumbawa-nya terasa. Sebagai film yang hanya membahas pendidikan mungkin itu terlalu memaksa. Namun sebagai film yang juga memperkenalkan kebudayaan Nusantara, bolehlah kita terima.

Salut kepada pasangan Sihasale yang konsisten mengangkat isu pendidikan anak-anak pedalaman serta penyemangat untuk meraih cita-cita.

(Jun'11. Pengen ajak Ilham sama Dinda nonton ini. Si Pia mau ga ya? hmmm..)

2 komentar:

TS Frima 23 Juni 2011 pukul 18.17  

kalo saya diajak, mau banget :D
sepertinya bagus ya. jadi beneran pengen nonton :D

Cie 23 Juni 2011 pukul 21.07  

iya, mesti nonton tuh..bagus

makasih sudah mampir

About me

Foto Saya
Cie
- writes everything coming to her mind - loves sleeping - wants to own a library - hates routine - loves the pleasure of discovery
Lihat profil lengkapku

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

People Read the Blog

Visitor

hit counter