All That the Nature Shows Me

This is all about what the nature teaches me, through people, nature itself or consciousness.

Ke-MANUSIA-an?

Kemanusiaan atau humaniora menurut dewa ilmu pengetahuan wikipedia yang juga merujuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya.

Nah, apa pula berbudaya? Kata dewa wiki lagi: Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Lalu, lalu, lalu? Lalu semua definisi itu memuakkan! Saya yang dengan sombongnya ingin hidup demi kemanusian, ingin meninggalkan pekerjaan 9 ke 5 yang membosankan. Hanya saya lupa, bahwa kemanusiaan melibatkan manusia di dalamnya. Apakah saya ingin hidup untuk manusia lainnya? Bukankah kesadaran menuntun kita untuk hidup melayani manusia lainnya? Lalu mengapa pula saya masih 'membenci' sebagian manusia?

Lupakan membuat manusia menjadi manusiawi. Lupakan manusia yang berbudaya. Apa pula itu akal dan budi, jika saya masih belum bisa menerima keberadaan manusia yang tidak sesuai dengan yang saya harapkan.

Bolehkah membenci pembunuh orang tak bersalah (di mata hukum)? Tidak, karena berarti saya sama saja jahat jika saya membenci sekalipun itu pembunuh. Tapi jika saya tidak membenci pembunuh, keluarga yang menjadi korban akan sakit hati, dan mengatakan saya tidak punya perasaan kemanusiaan. Nah loh?

Apakah memang kesadaran dan penerimaan hanya mampu mewujud di wilayah ide? Pada perbuatan dan perkataan serta semua pe-an yang membuat kita manusia, kita harus selalu memilih satu sisi. Sisi yang batas tengahnya adalah akal budi versi manusia-manusia sekitar kita.

Jangan terlalu sedih karena kita ada di sisi yang tidak disukai, karena hey mungkin di dalam hatimu dan di dalam akalmu ide kemanusiaanlah yang sebenarnya hidup.

Kita manusia lahir.

Ada karena memilih.

(Feb'11)

2 komentar:

Massol 18 Maret 2011 pukul 19.59  

Yang harus dibenci bukan orangnya tp kelakuan atau perbuatannya yang membunuh, adil ga?

Massol 18 Maret 2011 pukul 19.59  

Yang musti dibenci bukan pembunuhnya tp perbuatan dalam bentuk pembunuhan tersebut. Adil ga?

About me

Foto Saya
Cie
- writes everything coming to her mind - loves sleeping - wants to own a library - hates routine - loves the pleasure of discovery
Lihat profil lengkapku

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

People Read the Blog

Visitor

hit counter